Ilmuwan Temukan Gen Baru Terkait Kanker Payudara

Jakarta (ANTARA News) – Ilmuwan Inggris menemukan lima faktor genetik umum terkait risiko penyebaran kanker payudara, memberi peneliti pemahaman lebih baik atas penyebab dan petunjuk untuk penanganan lanjut penyebaran penyakit itu.

Douglas Easton dari Universitas Cambridge Inggris yang memimpin analisis terbesar saat ini terhadap gen penderita kanker payudara, memindai peta gen dari 16.536 pasien, dan menemukan lima variasi gen baru.

Penemuan itu menambah 13 varian lain gen umum kanker payudara dan akan membantu menjelaskan delapan persen risiko terserang penyakit ini, Easton dan mahasiswanya menulis dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan jurnal Nature Genetics, Minggu.

Sekitar 20 persen gen berisiko tinggi menyebarkan kanker payudara.

Kanker payudara adalah tipe kanker yang umum menimpa wanita dan telah membunuh sekitar setengah juta orang di seluruh dunia setiap tahunnya.

Riwayat keluarga merupakan faktor risiko paling mendasar. Memiliki saudara dekat penderita kanker payudara, seorang wanita biasanya memiliki risiko dua kali lipat untuk terserang penyakit ini.

ARTIKEL TERKAIT :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s